Kenapa Manusia Bisa Melihat Hantu? Ini 5 Alasannya!


Saat ini dunia ghaib dengan teknologi dan ilmu pengetahuan sudah saling melengkapi. Termasuk soal melihat hantu. Berikut alasan ilmiah kenapa manusia ada yang mengalami kejadian paranormal.
Kamu pasti sering melihat film-film yang bercerita tentang seramnya sosok hantu. Menyeramkan dan jahat, walau ada juga yang baik. Tapi, apakah kamu percaya dengan keberadaan hantu?

Sebagian orang mengaku pernah melihat sosok hantu. Sebagian ada yang tidak percaya karena tidak pernah melihatnya secara langsung. Lantas, benarkah manusia bisa melihat hantu? Ternyata ada alasan ilmiah kenapa manusia bisa melihat hantu!

Alasan Ilmiah Manusia Bisa Melihat Hantu
Saat ini dunia ghaib dengan teknologi dan ilmu pengetahuan sudah saling melengkapi. Termasuk soal melihat hantu. Berikut alasan ilmiah kenapa manusia ada yang mengalami kejadian paranormal.

1. Infrasound
Telinga manusia dirancang untuk mendengarkan suara dengan frekuensi dari 20 Hz sampai 20,000 Hz, gak bisa mendengar yang dibawah 20 Hz. Tapi walau gak kedengeran, kita masih bisa merasakan vibrasi atau getarannya.

Efek Infrasound bisa membuat kita merinding ketakutan melihat yang nggak-nggak. Apalagi kalau infrasound ini ada di tempat-tempat yang serem kayak rumah kosong atau mungkin sekolah dan kantor, bikin ngeri!

2. Ideomotor Effect
Siapa yang nggak kenal Jailangkung. Kamu ada yang udah pernah main belum geng? Tujuan main Jailangkung adalah untuk memanggil makhluk gaib atau hantu. Yang begitu mereka datang maka boneka Jailangkung akan gerak sendiri.

Ternyata ini adalah efek dari fenomena yang disebut Ideomotor Effect. Ini terjadi karena saking kuatnya sugesti pada otak, otot sampai gerak sendiri tanpa kita sadari. Jadi saat Jailangkung-nya goyang pas kamu main, itu karena kamu dan temen-temen kamu menggerakannya tanpa sadar karena ketakutan!
3. Automatism
Pernah dengar istilah Medium di film horor? Itu lho orang-orang yang katanya bisa komunikasi dengan orang mati lewat cara dirasukin. Kira-kira siapa sih yang merasuk ke dalam diri mereka? Apa mereka benar-benar kerasukan?

Jawabannya adalah efek Automatism. Yang mana ketika Medium memasuki fase turun ke alam bawah sadarnya, otak bawah sadarnya memunculkan berbagai macam ide yang akan dianggap si Medium sebagai bisikan arwah.

4. Karbon Monoksida
Kamu pernah liat hantu di rumah nggak? Atau kenal orang yang di rumahnya ada hantu? Jika iya, coba cek kompor di dapur rumah. Bisa jadi kamu atau orang yang melihat hantu tadi keracunan Karbon Monoksida.

Jadi gini, saat keracunan gas Karbon Monoksida, gas ini akan meresap dengan cepat ke saluran darah. Udah gitu bisa bikin halusinasi lagi. Itu lah alasan kenapa di film horor saat mereka pergi dari tempat seram, pasti terornya berhenti. Karena mereka keracunan Karbon Monoksida di lokasinya!

5. Histeria
Pernah dengar kejadian kesurupan massal di sekolah atau mall? Ternyata kesurupan massal ini terjadi akibat efek Histeria Massal. Ini bisa terjadi ketika sekelompok orang mengalami stress berat tak terbendung, sehingga akhirnya muncul gejala berteriak-teriak sampai kejang-kejang.

Gak percaya? Coba perhatiin aja, rata-rata kejadiannya itu pasti di tempat yang bikin stress kayak sekolah atau pabrik. Atau di mall yang bikin stress karena gak bisa belanja barang yang diinginkan.

Nah, itu dia 5 alasan yang menyebabkan manusia bisa melihat hantu hingga kesurupan massal. Percaya atau tidak, itu adalah alasan ilmiah yang memungkinkan terjadinya kejadian paranormal.

Jadi, apa kamu masih percaya bahwa semua kejadian itu disebabkan oleh makhluk ghaib? Share pendapat kamu ya!




Sumber : https://jalantikus.com/gokil/alasan-manusia-bisa-melihat-hantu/

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==