Mobile Legends VS VainGlory VS AOV, Lebih Baik Mana?


Game bergenre Multiplayer Online Battle Arena atau yang biasa disingkat MOBA sekarang memang sedang menjamur di smartphone. Beberapa judul, seperti Mobile Legends, Arena of Valor, dan Vainglory jadi unggulan para gamer mobile di Indonesia.

Saking terkenalnya dan mempunyai masing-masing fanbase garis keras yang berbeda antar game MOBA tersebut, sampai-sampai para fanbase saling 'sikut-sikutan' juga lho. Memang apa sih bedanya antara ketiga game tersebut?
Perbedaan Mobile Legends, AoV dan Vainglory
Sebelum masuk ke perbedaan antara Mobile Legends, AoV dan Vainglory, ada baiknya kamu baca terlebih dahulu latar belakang dari masing-masing game tersebut. Yuk langsung disimak!

Mobile Legends
Game besutan Moonton ini di Indonesia bisa dibilang mempunyai fanbase terbesar di antara dua rival lainnya. Banyak yang belum tau, sebelum berubah nama menjadi Mobile Legends: Bang Bang, game ini sebelumnya diberi nama Magic Rush: Heroes Mobile, Legends: 5v5 MOBA.
Game Mobile Legends sendiri diterbitkan oleh Moonton pada tanggal 11 Juli 2016 untuk Android dan 9 November 2016 untuk iOS. Sejak saat itu, game ini langsung mencuri perhatian para gamer mobile.
Arena of Valor
Mempunyai nama yang berbeda di setiap wilayah, dan di Indonesia bernama Mobile Arena, akhirnya pihak penerbit, Tencent Games menyeragamkan namanya di seluruh dunia menjadi Arena of Valor atau yang biasa disingkat AoV.
Game ini sendiri mencuri perhatian para pemain di Indonesia karena mempunyai hero-hero yang diadaptasi dari komik DC, seperti Batman, Superman, Joker, dan Wonder Woman. Game ini sendiri dirilis pada tanggal 26 november 2015 dan dinobatkan sebagai game terpopuler di tahun 2017 oleh Google Play.
Pada September 2017, Nintendo akhirnya tertarik dan secara resmi mengumumkan membawa Arena of Valor ke konsol Nintendo Switch juga. Ini dilakukan agar game AoV dapat dimainkan di mana saja dan kapan saja.
Vainglory
Dirilis pada November 2014, game ini pertama kali diperuntukkan bagi perangkat iPad. Akhirnya, pada Juli 2015 dirilis versi Android dan akhirnya merambah ke smartphone. Ketika pertama kali diperkenalkan pada acara perkenalan iPhone 6, game ini lansung disambut dengan antusias para pengunjungnya.
Bukan hal yang mengherankan mendapat respon positif dari para gamer, karena pendiri Super Evil Megacorp yang notabene pembuat game Vainglory adalah seorang veteran dari Rockstar, Riot, Blizzard, dan juga Insomniac.

Setelah bertahun-tahun mempertahankan gaya satu line dengan 3v3, akhirnya baru-baru ini Vainglory memiliki mode 3 line 5v5 sama dengan game MOBA rival lainnya.
Perbedaannya Mobile Legends, AoV dan Vainglory
Setelah sedikit perkenalan tentang ketiga game tersebut, kali ini mari kita bahas mengenai perbedaan Mobile Legends, AoV dan Vainglory. Yuk langsung simak!

1. Maps

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok mengenai Maps dari masing-masing game di atas. Namun, semuanya mempunyai ciri khas masing-masing di setiap Maps-nya, seperti letak creep jungle dan creep buff. Nama dari masing-masing Maps juga berbeda, seperti Sovereign's Rise untuk Vainglory, Land Of Dawn untuk Mobile Legends, dan Antaris untuk Arena of Valor.

2. Kontrol

Jika Mobile Legends dan AoV sama-sama memiliki virtual analog yang membuatnya lebih mudah dimainkan, berbeda jauh dengan Vainglory yang mempunyai sistem tap. Pastinya kontrol tap harus mengedepankan presisi ketika memainkannya dan smartphone dengan layar lebih besar akan lebih diuntungkan.

3. Sistem Beli Item

Kamu tidak bisa sembarangan membeli item dimanapun hero kamu berada ketika bermain di Vainglory. Tidak seperti Mobile Legends dan AoV, kamu diharuskan untuk membeli item di base atau di jungle shop yang berada di kedua sisi jungle.

4. Atribut

Pada game Mobile Legends dan AoV, ada sistem yang disebut atribut di mana kamu bisa menaikkan atribut dasar hero yang akan kamu gunakan. Jika pada AoV disebut Arcana, dan Mobile Legends sendiri disebut Emblem. Di Vainglory sendiri ada yang disebut dengan Talent, namun hanya bisa digunakan dalam Brawl Mode saja, seperti Blitz dan Battle Royale.

5. 'Big Monster'

Perbedaan juga terletak pada masing-masing 'Big Monster' yang akan memberikan pertolongan berupa serangan ke base musuh, buff, ataupun uang untuk membeli item. Di Vainglory sendiri ada dua 'Big Monster', yaitu Blackclaw yang akan membantu menghancurkan turret dan Ghostwing yang akan memberikan buff.

Di ML sendiri ada Lord yang membantu menghancurkan tower musuh dan Turlte yang akan memberikan uang. Dan di AoV ada Abyssal Dragon yang akan memberikan uang dan Dark Slayer yang akan memberikan buff ke masing-masing hero.

Kesimpulan
Nah, itulah beberapa perbedaan yang bisa kita temukan dari game Mobile Legends, AoV dan juga Vainglory. Setiap judulnya pastinya mempunyai kelebih dan kekurangannya masing-masing dan tentunya adalah hak masing-masing pemain untuk memilih memainkan game yang mana. Tapi, menurut kamu, mana nih game yang terbaik? Tulis di kolom komentar ya!









SUmber : https://jalantikus.com/tips/perbedaan-ml-aov-vainglory/
penulis Oleh : Febi Prilaksono

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==